Titulo

8 Tips Bekerja Ala Riyono


8 Tips Bekerja Ala Riyono

1. Niatkan ibadah
2. Cek kendaraan kita
3. Di jalan berhati - hati
4. Banyak doa dan dzikir
5. Parkir dengan benar di kantor
6. Salam dan sapa kawan kantor
7. Fokus kepada agenda
8. Jangan lupa shalat


1. Niatkan ibadah 

Niat merupakan point utama dalam melakukan amalan, baik itu dalam pekerjaan maupun ibadah. 

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)

Jadi setiap mengerjakan sesuatu, niatkan untuk ibadah, sehingga pekerjaan akan lebih mudah dan berkah.

2. Cek kendaraan kita

Sedia payung sebelum hujan, cek kendaraan sebelum mangkat, agar hati menjadi tenang dan saat berkendara semuanya menjadi mulus, semangat dan menyenangkan.

3. Di jalan berhati - hati

Karena jalan raya milik publik. Selalu berhati-hati agar tidak mendzolimi pengguna jalan lainnya, yang memiliki hak yang sama. Dan berhati-hatilah dalam berkendara. 

"Alon-alon asal kelakon. Pelan-pelan (hati-hati) aja yang penting selamat."

4. Banyak doa dan dzikir

Percayalah bahwa banyak doa dan dzikir mendatangkan kemudahan urusan, juga  dalam kelapangan rezeki, dan menjadikan hati menjadi tentram dan tenang.

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina” (Al-Mukmin : 60)

5. Parkir dengan benar di kantor

Karena lahan parkir bukan kepemilikan moyang kita (hehehe), mari berbagi hak dengan pengguna berkendara lainnya. Jika hal kecil saja kita perhatikan, sangat mungkin sekali jika kita tidak luput dalam perkara yang besar.

6. Salam dan sapa kawan kantor

Sesungguhnya salam dan sapa mendatangkan cinta kepada sesama. Tentu, kawan maupun orang lain akan merasa dihargai dan diakui keeksistensinya jika kita membiasakan diri dengan salam dan sapa.

“Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan pada kalian suatu amalan yang jika kalian melakukannya kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim no. 54)

7. Fokus kepada agenda 

Saat menentukan target job. Fokuslah pada agenda apa yang akan dikerjakan. Sehingga, mampu diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Lalu, beralihlah ke agenda selanjutnya jika telah menuntaskan job di awal.

8. Jangan lupa shalat 

Sama seperti niat, shalat merupakan pilar utama dari semua perkara. Shalat menjadi amalan yang sangat memudahkan rutinitas seseorang. Jika baik sholatnya, maka baiklah segala urusan kita karena Sang Maha Segala Urusan akan memudahkan dan melimpahkan keberkahan.

Shalat adalah sebaik-baik amalan yang ditetapkan Allah untuk hamba-Nya. (HR. Bukhari)









Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.