Titulo

Riyono Mengunjungi UMKM Keripik Ketela Temanggung

Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru, UMKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi daerah. Pengembangan UMKM pada hakekatnya merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah dan masyarakat.

Oleh karena itu kepedulian Riyono mengunjungi UMKM Keripik Ketela Temanggung yang perlu perhatian dalam pemasaran dan kualitas produksi. Sehingga pemasaran dan kualitas produksi merupakan langkah strategis dalam memajukan UMKM serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional.

 Berikut beberapa permasalahan dalam UMKM yaitu, permasalahan yang bersifat klasik dan mendasar pada UMKM (basic problems), antara lain berupa permasalahan modal, bentuk badan hukum yang umumnya non formal, SDM, pengembangan produk dan akses pemasaran; Permasalahan lanjutan (advanced problems), antara lain pengenalan dan penetrasi pasar ekspor yang belum optimal, kurangnya pemahaman terhadap desain produk yang sesuai dengan karakter pasar, permasalahan hukum yang menyangkut hak paten, prosedur kontrak penjualan serta peraturan yang berlaku di negara tujuan ekspor; Permasalahan antara (intermediate problems), yaitu permasalahan dari instansi terkait untuk menyelesaikan masalah dasar agar mampu menghadapi persoalan lanjutan secara lebih baik.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.