Titulo

Riyono dan Perjuangan Cantrang


Jika mencermati unggahan-unggahannya di berbagai media online-nya, Anda akan mendapati bahwa sudah beberapa waktu ini Riyono terus bersuara tentang penolakan kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) soal pelarangan cantrang.

Banyak cara sudah ditempuh oleh Riyono dan kawan-kawan nelayan, termasuk melalui wadah Aliansi Nelayan Indonesia (ANNI). Sebagai ketua umum, Riyono juga memimpin rombongan ANNI untuk bertemu Ombudsman dan Wakil Ketua Umum Kadin. Dalam pertemuan ini, ANNI menyampaikan ketidakpuasannya terhadap kinerja Menteri KKP.

"Kebijakan KKP sudah jauh dari harapan untuk tata kelola kelautan dan perikanan nasional. Show  off penenggelaman kapal membuat publik seolah itulah keberhasilan utama sektor kelauatan," ujar Riyono.

Sementara itu, Riyono juga terus menjalin komunikasi dengan pekerja sektor perikanan, seperti nelayan, anak buah kapal (ABK), nahkoda, buruh filet, pedagang ikan, dan tukang sortir ikan hasil kapal cantrang. Kedekatannya dengan mereka telah terjalin setidaknya selama tiga tahun.

"Cantrang adalah nafas perjuangan kami. Sedikit pun kami Aliansi Nelayan Indonesia tidak akan pernah mundur untuk berjuang demi kemerdekaan dan kelangsungan hidup nelayan dan pelaku perikanan daerah," tutup Riyono.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.