Titulo

Belajar Mengenal Budaya Wayang Sebagai Sarana Dakwah Ke Masyarakat

Ketika kita melihat wayang sebagai media dakwah secara otomotis mengingatkan kepada Sunan Kalijaga. Beliau  merupakan salah satu wali yang senang menggunakan kesenian dan kebudayaan dalam penyebaran Islam.

Pada zaman dahulu, wayang merupakan kesenian yang sangat populer. Pada masa pemerintahan raja-raja di Jawa, wayang dipakai sebagai sarana hiburan bagi rakyat. Raja-raja Jawa pada saat itu menempatkan wayang sebagai kesenian yang mempunyai nilai kreasi tinggi.

Melihat kesempatan tersebut Sunan Kalijaga memanfaatkan wayang sebagai media dakwah. Metode ini mudah diterima oleh masyarakat Jawa. Kreativitas para wali memanfaatkan budaya setempat sebagai media penyebaran islam yang efektif tersebut, telah mempercepat pertumbuhan dan perkembangan islam di pulau jawa. Selain itu para wali juga berjasa dalam mempopulerkan seni wayang sebagai bentuk kesenian pentas yang merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang telah berakar jauh ke masa lalu dan cukup banyak mengalami pertumbuhan dan penyempurnaan dari masa ke masa.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.