Titulo

Diusulkan Program One Day One Fish

Sumber : Koran Suara Merdeka

Untuk meningkatkan tingkat konsumsi ikan, Pemprov Jateng diminta menggalakkan kembali gerakan makan ikan secara spesifik. Selama ini program tersebut belum maksimal karena masih sebatas gerakan umum.

“Perlu program yang lebih spesifik, seperti satu hari satu ekor ikan (one day one fish) bagi anggota keluarga,” kata anggota Komisi B DPRD Jateng Riyono.

Menurut politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut, jika one day one fish bisa dijalankan, maka konsumsi ikan masyarakat Jateng pada 2017 akan meningkat minimal lima persen.

“Pemprov masih punya banyak pekerjaan rumah untuk mencapai tingkat konsumsi ikan sesuai harapan. Sebab, berdasarkan data Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), tingkat konsumsi ikan warga Jateng di bawah 10 kilogram per tahun per jiwa,” ujarnya.

Konsumsi ikan di provinsi ini pada 2016 baru 22.37 kilogram per kapita per tahun. Adapun pada 2015 sebanyak 20,9 kilogram per kapita per tahun. 

“Walaupun ada kenaikan dua persen, ini maih jauh dari harapan nasional yang ditarget oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan sebanyak 40-70 kilogram per kapita per tahun,” tuturnya.

Peluang Kerja
Sementara itu, Produksi dan Industri perikanan di Jateng cukup bagus, Produksi ikan tangkap tak kurang dari 125.000 ton dan mampu memberikan peluang kerja untuk 200.000 nelayan serta masarakat pesisir.

Sebelumnya, untuk meningkatkan konsumsi ikan, Pemprov membentuk Forum Peningkatan Sadar Mutu Karantina Ikan (Formikan) Jawa Tengah pada Agustus 2016.

Selain mengajak masyarakat agar gemar mengonsumsi ikan, forum ini juga bertanggung jawab mengampanyekan konsumsi produk perikanan yang sehat dan berkualitas.

Ketua Formikan Jateng Aries Tri Wibowo mengatakan, masyarakat hanya tahu ikan yang dijual di pasat masih tampak segar walaupun sudah mati. Adapun sebagian ikan yang dijual di toko modern masih hidup dalam akuariom.

“Namun belum tentu produk perikanan tersebut berkualitas dan berasal dari budi daya yang baik,” tuturnya.

Dalam Twitnya, Riyono turut berharap semoga dapat mewujudkan Keluarga Sehat sembari membeikan mention kepada akun @susipudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan) serta @ganjarpranowo (Gubernur Jawa Tengah)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.