Titulo

Dewan: UMKM Layak Didukung & Dikembangkan

Hingga kini, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terbukti mampu bertahan di tengah sulitnya perekonomian. Untuk itu, sudah selayaknya pemerintah mendukung dan terus mengembangkan UMKM di tengah masyarakat.

Demikian disampaikan oleh Anggota Komisi B DPRD Jateng Riyono, saat menjadi salah satu pembicara dalam diskusi di Gedung J Fakultas Ekonomi Bisnis Undip Semarang dengan tema 'Penguatan UMKM sebagai Basis Kekuatan Ekonomi Rakyat', Senin (28/3/2016). Ia mengaku sepakat dengan tema diskusi karena selama ini denyut perekonomian ada di UMKM. 

"Maka dari itu, harus dijaga. Ambrugnya UMKM, maka ambrug juga ekonomi riil. Ekonomi yang berpihak kepada rakyat kecil dan pengusaha kecil karena mereka sejatinya merupakan yang menghidupi perekonomian di masyarakat," jelas politisi PKS itu.

Dari data yang dimilikinya, hingga triwulan keempat pada 2015 lalu sudah ada 108.937 unit pelaku UMKM. Dan, pada triwulan ketiga sebanyak 107.353. 

"Pada 2015, lonjakan pelaku UMKM sebanyak 9.256. Dari angka itu, penyerapan tenaga kerja mampu mencapai 747.400 atau 21,65 persen," paparnya.

Pembicara lainnya, Kabid Pemberdayaan UMKM Dinas Koperasi Jateng Soni Purwoko juga mengaku setuju UMKM layak didukung semua pihak. Untuk saat ini, kata Soni, usaha kecil yang paling diminati oleh kaum muda adalah makanan dan fashion.

"Karena, usaha itu dipupuk dari nol. Usaha yang paling diminati oleh mahasiswa selama ini makanan dan fashion," kata Soni.

Sementara, Suharnomo, Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Undip Semarang, mengatakan UMKM secara nasional sebagai tulang punggung tapi faktanya tidak terlalu indah. Karena, selama ini sejumlah orang masih menguasai ekonomi nasional. 

"Ini penyerapan tenaganya terlalu besar, maka yang kaya makin kaya. Dan, UMKM belum menjadi prioritas dari Pemerintah. Jadi, mereka bertarung dan berjuang sendiri dengan tidak meminta fasilitas dari Pemerintah," ungkap Suharmono. 
Sumber :  wartalegislatif.dprd.jatengprov.go.id

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.