Titulo

Panduan Peran Legislatif PKS

Ditulis : Riyono
Peran hasil konsolidasi, perjuangan legeslasi untuk berkhidmat. 3 kunci, yaitu : Pelayanan (memberi ikan), Pemberdayaan (membangun kapasitas), dan Advokasi (pembelaan). 3 fungsi ini multidimensi yang di framing oleh PKS.

Ada 36 isu sektoral yang harus diperjuangkan oleh PKS. Perlu konsolidasi. Platform beri arah, garis besar haluan partai (GBHP), harus diperjuangkan dalam legeslatif dan pemerintahan melalui rpjmd/n

Visi misi PKS dalam AD ART ; PKS ingin jadi pelopor perwujudan cita-cita nasional bangsa. Mewujudkan masyarakat madani yang adil, sejahtera dan bermartabat (ps 5.dan 6)

Partai dakwah ; membangun indonesia penuh berkah. Perpaduan nilai islam sec struktural dan kultural untuk wujudkan masyarakat madani. Alurnya ; idiologi kita menjadi sumber untuk membentuk pandangan kita, diwujudkan dalam falsafah perjuangan, lalu dibuat paltform yang menjadi GBhP.

Medan amal banyak tantangan : oligarki kekuasaan..kita harus kuat jangan sampai terjebak. Kepemimpinan Transformasional menuju perbaikan.

SPMD ; sistem partai manajemen dakwah untuk melakukan khidmat kepada umat dan bangsa.

Berkhidmat untuk Rakyat (BUR). Ada 1 key word dengan misi PKS : sejauh mana pks memberikan kontribusi kepada rakyat atau kontributor peradaban. Tugas utama legislator.

Kontributor Peradaban akan terlaksana jika PKS bisa menjadi Pelopor melalui tata kelola partai yang baik. Aset partai yang utama adalah kader yang punya kapasitas dan aksebilitas melalui bersih peduli profesional.

Tugas legislator dalam cakupan amanat munas adalah kebijakan strategis. Kerja dalam cluster kebijakan publik harus berjmaah. Cakupan amanat adalah public sector - menegakkan aturan bersama menuju keteraturan, third sector - menjaga nilai kuktural untuk menjaga kebaikan dan kebenaran, private sector - orientasi keuntungan dan ekonomi.

Kita tidak bisa berangkat hanya dalam 1 sector, kita harus move on untuk mengayomi masyarakat dengan 3 sector. Kita harus transparan bagi publik.

Yang sudah saya sebutkan diatas merupakan Cara Pandang.

Platform PKS sendiri yaitu kebijakan pembangunan PKS sebagai penjabaran adri falsafah dasar perjuangan. Dokumen yang berisi visi misi strategi program. 

Platform sec internal merupakan kumpulan nilai dan capaian konseptual dari hasil interkasi sejarah panjang perjuangan partai.
Sikap membangun negara yang baik. PKS berkomitmen membentuk negara dalam bingkai NKRI yang baldatun TWG.

Platform PKS sudah teruji dalam publik nasional yang memgacu dalam pengelolaan kementrian era SBY..

PKS sebagai parpol harus mampu mewujudkan masyarakat madani melalui kontestasi amal pejabat publik dan kader. Tugas partai menyediakan panggung dengan pilar pilar yang kokoh oleh aktifitas struktural dan kultural

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.