Titulo

Pentingnya Pelatihan Pengelolaan Koperasi, Semoga Bermanfaat

Koperasi merupakan organisasi dari anggota, oleh anggota dan untuk anggota. Koperasi sekolah mempunyai tujuan yang sama dengan koperasi pada umumnya, yaitu menyejahterakan anggota. Hal itu dapat dilihat dari murahnya harga barang-barang yang dijual di koperasi sekolah. Selain menyejahterakan anggota, koperasi sekolah juga bertujuan mengembangkan disiplin, tanggung jawab, dan jiwa berkoperasi bagi anak-anak sekolah.
Koperasi sekolah merupakan salah satu bentuk dari koperasi. Kedudukan koperasi sangat penting karena perannya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, selain itu juga berasaskan kekeluargaan yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia
Koperasi seperti halnya organisasi yang lain membutuhkan manajemen yang baik agar tujuan koperasi tercapai dengan efisien. Hal yang membedakan manajemen koperasi dengan manajemen umum adalah terletak pada unsur-unsur manajemen koperasi yaitu rapat anggota, pengurus, dan pengawas. Adapun tugas masing-masing dapat diperinci sebagai berikut : Rapat anggota bertugas untuk menetapkan anggaran dasar, membuat kebijaksanaan umum, mengangkat / memberhentikan pengurus dan pengawas. Pengurus koperasi bertugas memimpin koperasi dan usaha koperasi sedangkan Pengawas tugasnya mengawasi jalannya koperasi.
Hari ini (2/8) diberi kesempatan untuk berbagi ilmu kepada pengelola usaha koperasi se jawa tengah di acara pelatihan mereka. Tujuan pelatihan ini tentu saja sangat positif antara lain meningkatkan pengetahuan pengurus/ pengelola koperasi dalam mengelola koperasi sesuai dengan praktek bisnis yang sehat, administrasi dengan tertib sesuai dengan sistem akuntansi koperasi. 
Selain itu juga meningkatkan kemampuan pengurus/pengelola koperasi dalam mengerjakan pembukuan koperasi secara benar serta dapat membuat laporan pertanggung jawaban setiap tahunnya sehingga RAT dapat dilaksanakan tepat waktu. Peserta pelatihan nampak semangat dan antusias dalam mengikuti setiap materi yang diberikan. Semoga ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat dan dapat dipraktikkan. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.