Titulo

Potensi Wisata Kaligua Kebun Teh Brebes Sungguh Indah

Menyempatkan diri mendatangi tempat wisata alam Kaligua di kabupaten Brebes dengan perjalanan yang memakan waktu kurang lebih 7 jam. Perjalanan ekspedisi ini pun kemarin (2/8), terbayar sesampainya dilokasi dengan hamparan kebun teh yang sangat menyejukkan mata.  Tak menyesal rasanya jika melihat potensi keindahan alam Indonesia semakin asri nan indah. 

Agrowisata Kaligua adalah kawasan wisata agro dataran tinggi yang terletak di Desa PandansariKecamatan PaguyanganKabupaten BrebesJawa Tengah. Tepatnya di wilayah Brebes bagian selatan. Agrowisata Kaligua dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara X (Persero) Jawa Tengah dan merupakan diversifikasi usaha untuk meningkatkan optimalisasi aset perusahaan dengan daya dukung potensi alam yang indah. Hasil pengolahan perkebunan teh Kaligua adalah berupa produk hilir teh hitam (black tea) dengan merk “Kaligua” dalam kemasan teh celup dan serbuk. Wisatawan yang berkunjung dapat menikmati hangatnya teh hitam Kaligua di lokasi atau membelinya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Sempat melihat data terbaru kunjungan wisatawan yang mendatangi area wisata Kebun Teh Kaligua ini dan hasilnya sangat menakjubkan. Lokasi yang lumayan jauh dari perkotaan ini ternyata banyak diminati para wisatawan domestik. Hal ini nampak dari data yang tertera di slide bahwa dari tahun 2011 hingga 2016 mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yaitu sejumlah 64.874 pengunjung hingga 105.179 pengunjung. 

Lahan yang digarap oleh PT Perkebunan Nusantara X mencakup lahan seluas 605,80 hektar yang terdiri dari tanaman teh dan kayu-kayuan. Hal ini sangat menguntungkan banyak pihak jika dikelola dengan baik, selain sebagai budidaya perkebunan teh sehingga dapat meningkatkan produksi teh dalam negeri juga menjadikan area luas ini menjadi objek wisata yang wajib untuk dikunjungi.  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.